Pengusaha Santri Unggulkan Produk Kain Tapis di Aljazair

Share :

himpunan-pengusaha-santri-indonesia
ragamlampung.com — Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) Lampung akan mengikuti Pameran Indonesia Terpadu 2016 di Aljazair, bulan November mendatang. Dalam pameran itu, HIPSI mengunggulkan produk dari kain tapis Lampung.

Tapi yang ditampilkan itu merupakan pakaian adat suku Lampung, berbahan kain tenun benang kapas, dan biasanya disulam dengan benang emas dan perak.

Ketua HIPSI Lampung Abdul Karim mengatakan, kain tapis dipilih karena ikon budaya daerah Lampung dan salah satu warisan budaya kebanggaan Nusantara.

“Kita berharap kain tapis dikenal di Eropa, sehingga menarik minat para turis berkunjung dan nantinya dapat menggerakkan ekonomi pengrajin kain tapis,” kata dia, Jumat (9/9/2016).

Pameran Indonesia Terpadu berlangsung pada 23-27 November 2016, diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Aljazair. Pameran ini bertujuan memasarkan dan peningkatan ekspor produk Indonesia, diikuti pelaku usaha dan industri Tanah Air dari berbagai produk manufaktur, migas, dan nonmigas, serta consumer goods.

Abdul Karim mengatakan, HIPSI juga bakal menampilkan produk unggulan lainnya, seperti kopi lanang wali limbung dari Jawa Tengah, kopi luwak dari Lampung, dan beberapa produk herbal kesehatan dari HIPSI Jawa Timur. (ar)

Share :