Harga BBM Tak Jadi Turun, Ini Alasannya

ilustrasi
Share :
ilustrasi
ilustrasi

ragamlampung.com – Kementerian ESDM telah memutuskan untuk melakukan pembatalan penurunan harga BBM dengan jenis premium dan kenaikkan bbm jenis solar.

Sebelumnya, dikatakan untuk harga BBM yang punya kadar RON 88 itu bakal diturunkan harganya hingga Rp 300 per-liternya.

Plt Kepala BKLIPK Kementerian ESDM, Parlaungan Simatupang menjelaskan kalau pemerintah sudah melakukan koordinasi lintas sektor mengenai evaluasi harga bbm 3 bulanan itu.

Untuk bisa menentukan harga BBM di periode 1 Oktober 2016, pemerintah akan mempertimbangkan terlebih dahulu soal aspek kemampuan keuangan negara serta situasi perekonomian.

Selain itu, kemampuan untuk daya beli masyarakat pun juga menjadi sorotan khusus serta ekonomi riil dan sosial masyarakat.

“Dengan mempertimbangkan‎ aspek tersebut, pemerintah menetapkan tidak ada perubahan harga jual jenis BBM tertentu dan jenis BBM khusus penugasan,” katanya.

Berikut adalah data jenis bbm beserta harga di 1 Oktober 2016:

1. Minyak tanah Rp2.500 per liter
2. Solar bersubsidi Rp5.150 per liter
3. Premium Rp6.450 per liter.

Sebelumnya, Dirjen Mgas Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratman Puja menjelaskan bahwa harga BBM terutama dengan jenis premium bakal turun dari Rp 6.450 per liternya menjadi Rp 6.150 per liternya.

“Data dan analisis sesuai formula per tiga bulan menunjukkan Premium turun Rp300 per liter dan Solar naik Rp600 per liter,” terangnya. (ar)

Share :