Kopi dari Kotoran Gajah, Kopi Termahal di Dunia

Share :

black-ivory-coffee-kopi-termahal-dunia
ragamlampung.com — Kopi luwak membuat bangga orang Lampung. Kopi yang dihasilkan dari kotoran binatang Luwak ini juga menjadi tumpuan petani Lampung Barat. Membuat tenar kabupaten yang bertopografi pegunungan dan bersuhu sejuk itu.

Sayangnya, kopi luwak kini bukan lagi disebut termahal di dunia. Predikat kopi paling wah adalah kopi dari kotoran gajah, atau disebut Black Ivory Coffee dari Thailand.

Harga secangkir kopi ini fantastis yaitu lebih dari Rp900 ribu. Kopi ini dibuat di daerah tertentu di Thailand yang sebelumnya dikenal sebagai eksportir opium.

Untuk menghasilkan Black Ivory Coffee, gajah akan diminta untuk memakan biji kopi. Selama tiga hari biji kopi itu tetap ada di dalam perut mereka sebalum akhirnya keluar dalam kotoran. Para pekerja kemudian mengambili biji kopi ini dan mencuci, mengeringkan, dan memanggangnya.

Biji ini menjadi sangat mahal karena dari sekitar 15 kilogram biji kopi yang diberikan pada gajah, hanya bisa didapatkan setengah kilogram biji Black Ivory Coffee.

Jadi, apa yang sangat spesial dari kopi kotoran gajah ini?

Gajah memakan banyak rumput dan sayur-sayuran. Herbivora seperti gajah melakukan fermentasi di dalam perut untuk memecahkan selulosa dari makanan mereka. Fermentasi ini sangat bagus untuk wine, bir, atau kopi karena bisa mengeluarkan rasa manis dari biji. Fermentasi ini menghilangkan rasa pahit dari biji kopi sehingga Black Ivory Coffee tak perlu diberi gula lagi karena tak pahit. (intisari/ar)

Share :