Kapal Perintis Mesuji-Jakarta Segera Beroperasi

ilustrasi
Share :

ragamlampung.com — Kapal Perintis bantuan Kementerian Perhubungan untuk Kabupaten Mesuji, segera beroperasi. Kapal ini akan digunakan sebagai angkutan laut dari Mesuji menuju Jakarta dan sebaliknya. Sedangkan akses pelayanan dari Sungai Sidang ke Sungai Top Wali dan Sungai Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Mesuji, Widada mengatakan, Kamis (1/12/2016), Kementerian Perhubungan memberikan bantuan sebanyak 1 unit kapal perintis yang berkapasitas 700 GT/DWT. Kapal ini diusulan Pemda Mesuji sejak tahun 2015 dan baru disetujui Kemenhub tahun 2017.

“Kehadiran kapal ini berdampak transportasi lebih efektif dan efesien. Jika jalur darat dari Kabupaten Mesuji menuju Jakarta membutuhkan waktu sekitar 14 jam. Nanti, jika menggunakan kapal perintis hanya butuh waktu 7 jam. Akses yang digunakan Sungai Sidang yang memiliki lebar 600 meter dan panjang sekitar 40 km,” katanya menjelaskan.

Selain lebih cepat, kata Widada, keberadaan kapal itu juga diharapkan mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya dan meminimalisir kerusakan jalan. (ar)

Share :