Lampung Selatan Miliki Fasilitas Pengeringan Jagung Terbesar di Indonesia

pabrik pengolahan jagung di kabupaten lampung selatan.
Share :

ragamlampung.com — PT Vasham Kosa Sejahtera mulai Februari 2017 nanti meresmikan fasilitas pengeringan jagung (corn dryer) di Lampung Selatan, yang merupakan fasilitas terbesar di Indonesia. Fasilitas itu berkapasitas 400 ton per hari untuk jagung basah, dengan kadar air 35 persen.

“Peresmian bersamaan dengan panen raya jagung di Lampung Selatan,” kata CEO dan Founder PT Vasham Kosa Sejahtera, Irvan Kolonas.

Irvan mengatakan, fasilitas pengering jagung saat ini masih sangat sedikit jumlahnya di Indonesia. Padahal fasilitas pasca-panen ini sangat penting untuk memastikan hasil panen jagung rakyat dapat diserap industri pakan ternak.

“Tanpa fasilitas pengering yang memadai, petani jagung tidak dapat menikmati hasil panennya,” katanya, dilansir Jumat (16/12/2016).

Ia mengakui, petani jagung kesulitan mengakses industri yang dapat menyerap hasil panen mereka. Karena itu, pihaknya berniat membangun kemitraan dengan petani.

Model kemitraan bisnis jagung telah dikembangkannya di Lampung menggunakan konsep wirausaha sosial. Melalui kemitraan ini, petani jagung dapat meningkatkan kualitas produksi mereka.

“Kami melakukan kemitraan petani jagung dari ujung ke ujung, mulai dari memberi akses benih, pelatihan, pembiayaan, sampai penjemputan jagung petani dengan segala tingkat kadar air untuk dikeringkan di fasilitas pengeringan jagung milik Vasham,” katanya menjelaskan.

Konsep wirausaha sosial ini, imbuh dia, memadukan konsep bisnis yang dilakukan perusahaan dengan misi sosial. Dalam hal ini profit yang diperoleh akan diinvestasikan untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan dampak sosial. (ar)

Share :