Dari Sungai ke Darat, Warga Sungai Badak Tempati Rumah Baru

bantuan perumahan untuk warga sungai badak, kabupaten mesuji.
Share :

ragamlampung.com — Puluhan Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Mesuji penerima bantuan perumahan nelayan dari Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat, mulai merasakan manfaatnya.

Salah satunya perumahan nelayan yang dibangun di Desa Sungai Badak, Kecamatan Mesuji. Kini, perumahan sebanyak 46 unit itu sudah ditempati oleh masyarakat yang tadinya bertempat di pinggiran sungai Mesuji.

Kepala Desa Sungai Badak, Dodi mengatakan, Selasa (24/1), perumahan itu bantuan tahun anggaran 2016, dan ditempati sejak akhir Desember 2016. “Alhamdulillah bantuan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Ada 46 kepala keluarga sudah menempatinya,” katanya.

Bantuan perumahan nelayan tersebut diperuntukan bagi masyarakat yang bermukim di bibir perairan Mesuji agar pindah ke daratan. Selain itu, bantuan diperuntukan kepada masyarakat yang menempati rumah lebih dari satu KK.

“Dengan adanya bantuan perumahan nelayan ini, secara berangsur, mereka yang menempati rumah tidak layak huni di bibir sungai mau pindah,” jelasnya.

Dodi berharap bantuan serupa dapat kembali dugulirkan oleh pemerintah pusat di Desa Sungaibadak. Hal itu mengingat masih banyak masyarakat yang bermukim dibibir sungai dan masyarakat yang menempati satu rumah lebih dari satu KK.

“Harapan kita tahun ini dapat lagi karena masih bayak masyarakat kami menempati satu rumah sampai lebih tiga KK, dan bertempat tinggal di sungai,” kata Dodi. (gst)

Share :