Pembangunan DI Umpu System di Lampung Dipercepat

proyek strategis nasional di lampung-ilustrasi.
Share :

ragamlampung.com — Pemerintah berniat mempercepat sejumlah proyek strategi nasional (PSN), salah satunya pembangunan saluran suplesi DI Umpu System di Lampung. Proyek tersebut berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pihaknya menargetkan usulan rancangan (draf) revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN diserahkan ke Presiden Joko Widodo bulan ini.

“Usulan dalam waktu dekatlah, maksimal dua minggu,” kata Darmin, di Jakarta, Jumat (10/2/2017). Dalam revisi itu pemerintah menambah 78 proyek ke daftar PSN.

Selain di Lampung ada 57 proyek lainnya di Indonesia, dan membutuhkan investasi sekitar Rp300 triliun.
Proyek tersebut antara lain pembangunan Jalan Tol Tebingtinggi-Pematangsiantar-Prapat-Tarutung-Sibolga di Sumatra Utara, dan pembangunan Jalan Tol Langsa-Sigli di Aceh.

Darmin mengatakan, pemerintah juga akan mengeluarkan 18 proyek karena dianggap tidak lagi masuk kategori strategis. Di antaranya, proyek revitalisasi Bandara Sebatik, proyek Bandara Banten Selatan di Panimbang, dan Kawasan Ekonomi Khusus Lhokseumawe.

Pemerintah juga akan mengeluarkan 20 proyek senilai Rp27,6 triliun karena telah rampung pembangunannya. Di antaranya, proyek Bandara Sentani di Jayapura, Bandara Juwata di Tarakan, Bendungan Rajui di Aceh, dan Bendungan Jatigede di Jawa Barat. (ar)

Share :