Ada Program Sosialisasi, Dana Desa Naik 20 Persen

ilustrasi
Share :

ragamlampung.com — Dana Desa (DD) untuk semua desa di Kabupaten Mesuji tahun ini meningkat sekitar 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya. DD tahun ini seluruhnya sebesar Rp84.570.467.000, sedangkan tahun 2016 hanya Rp65.959.833.000.

Kabid Keuangan, Pembangunan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Mesuji, Taufiq Widodo, mengatakan, Selasa (21/2/2017), peningkatan itu karena ada pembiayaan untuk program tambahan, yakni penyuluhan dan pembinaan masyarakat.

Tahun lalu program di desa hanya ada dua yakni pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat.

Pembangunan desa berupa pengerjaan fisik seperti drainase dan BUMDes. Sedangkan program pemberdayaan masyarakat menyangkut pelatihan aparat desa dan masyarakat. Contohnya, pelatihan komputer bagi perangkat desa atau pelatihan menjahit bagi masyarakat.

“Nah, tahun 2017 ini ada program baru yakni pembinaan masyarakat. Fokusnya sosialisasi kepada masyarakat seperti narkoba dan lain-lain,” kata dia.

Ia menambahkan, aparat desa saat membuat program kerja harus melibatkan masyarakat yang tertuang dalam musyawarah desa.

“Evaluasi tahun 2016 ada beberapa catatan bagi desa yang perlu ditingkatkan di tahun ini seperti, pemahaman tata cara ketatausahaan, administrasi keuangan, dan kegiatan yang harus dilakukan peningkatan tahun ini,” katanya. (gst)

Share :