Sekda Metro Buka Rapat Kesehatan Daerah

Share :

ragamlampung.com,Metro – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Kesehatan Kota Metro mengadakan acara rapat kesehatan daerah yang berlangsung di Grand Sekuntum, pada Kamis (24/04/19).

Acara yang diadakan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat.

Walikota Metro yang diwakili oleh Sekertaris Daerah Kota metro, A. Nasir AT dalam sambutannya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Ditengah meningkatnya penyebaran fasilitas pelayanan kesehatan, bertambahnya jumlah dan kompetensi tenaga kesehatan serta distribusi obat yang terus diperbaiki,” tuturnya.

Menurutnya, saat ini, pihaknya masih terus menghadapi tantangan pembangunan kesehatan diantaranya terkit kasus kematian ibu, kasus kematian bayi, prevalensi gizi kurang dan stunting, beberapa penyakit menular dan penyakit tidak menular tertentu.

“Disamping itu beberapa faktor determinan sosial juga belum dapat kita selesaikan semuanya seperti penyedian air bersih, sanitasi rumah tangga, ketahanan pangan, akses informasi dan pendidikan khususnya bagi perempuan, perilaku masyarakat terkait merokok, pola makan dan pola konsumsi,” paparnya.

Nasir juga mengatakan, pemerintah telah menerbitkan berbagai regulasi yg memungkinkan daerah melakukan inovasi dan mendorong peran serta masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat guna mewujudkan mencapai standar pelayanan yang disyaratkan dalam penyelenggaraan di era desentralisasi dan otonomi daerah.

“Saat ini kita berada pada tahap dimana akses terhadap pelayanan kesehatan berkualitas mulai berkembang dan meningkat, masyarakat harus turut terlibat dan turut memanfaatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas,” ujarnya.

Diakhir sambutan, A. Nasir berharap kepada publik lintas sektoral, pihak swasta dan masyakrat untuk meningkatkan kepedulian terhadap pembangunan berwawasan kesehatan dan terus bersama-sama membangun kota metro sebagai kota sehat.(ema)

Share :