Kemenhub Serahkan Pengelolaan Bandara Branti kepada Angkasa Pura

bandara branti
Share :
bandara branti
bandara branti

ragamlampung.com — Kementerian Perhubungan akan menyerahkan pengelolaan Bandar Udara Raden Intan II (Branti) dan enam bandara lainnya kepada PT Angkasa Pura I dan II.

Saat ini menurut statusnya, bandara-bandara tersebut masih dikelola secara langsung oleh pemerintah Enam bandara lainnya Temindung di Samarinda, Juwata di Tarakan, Kalimarau di Berau, Sentani di Jayapura, Hang Nadim di Batam, dan Komodo di Labuan Bajo.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, penyerahan pengelolaan bandara dilakukan dengan mempertimbangkan jumlah penumpang yang dilayani.

“Bandara-bandara yang diserahkan pengelolaannya kepada Angkasa Pura adalah yang melayani penumpang di atas 1 juta orang per tahun. Itu akan segera kami lakukan,” ujarnya, saat kunjungan ke ke Papua dan Papua Barat, Kamis (22/9/2016) malam.

Penyerahan bandara itu juga mempertimbangkan aspek biaya operasional. Sepanjang masih dikelola oleh Kementerian Perhubungan, kebutuhan dana operasional dipenuhi dari APBN.

“Dengan menyerahkan ke Angkasa Pura, akan ada penghematan APBN karena semua kebutuhan biaya operasional dipenuhi BUMN tersebut,” katanya. (ar)

Share :