Cetak Sawah Baru, Andalan Tingkatkan Produktivitas Padi

ilustrasi
Share :
ilustrasi
ilustrasi

ragamlampung.com — Program cetak sawah baru menjadi salah satu andalan Kabupaten Tulangbawang (Tuba) untuk meningkatkan produktivitas padi dan menunjang swasembada pangan nasional. Program itu sudah dijalankan di beberapa kecamatan, terutama daerah lumbung padi.

“Sebagai salah satu daerah lumbung padi, kita jangan berpuas diri, tapi tetap fokus meningkatkan produksi padi berkelanjutan. Untuk melaksanakannya, seperti dengan cetak sawah ini,” kata Bupati Tulangbawang Hanan A Rozak, saat kunjungan kerja di Kampung Rawa Ragil, Kecamatan Rawa Pitu, Kamis (8/9/2016).

Bupati mengatakan, cetak sawah baru dan didukung penggunaan varietas padi unggulan diharapkan meningkatkan hasil produksi dengan kuantitas dan kualitas tinggi. Apalagi dalam beberapa tahun terakhir kebutuhan pangan terus meningkat.

“Sedangkan alih fungsi lahan sawah tiap tahun terjadi secara masif pada areal persawahan yang luas. Karena itu, upaya penambahan lahan tanaman pangan melalui perluasan sawah menjadi penting,” katanya.

Ia berharap setelah kegiatan cetak sawah selesai dilaksanakan, para petani mengolah dan memanfaatkan lahan tersebut sebaik-baiknya. Sehingga terjadi peningkatan penghasilan petani. (ar)

Share :