Panas Bumi Ulubelu Kian Diminati Investor Asing

pembangkit listrik panas bumi ulubelu, lampung
Share :
pembangkit listrik panas bumi ulubelu, lampung
pembangkit listrik panas bumi ulubelu, lampung

ragamlampung.com — Minat investasi untuk pengembangan panas bumi kian masif menyusul besarnya potensi sumber energi alternatif itu di dalam negeri.

Investor asing banyak yang tertarik untuk mengeksploitasi sumber energi panas bumi, salah satunya terdapat di Ulubelu, Lampung, dengan melakukan kerja sama dengan perusahaan lokal.

Investor yang berminat mengembangkan panasbumi banyak berasal dari Italia, Amerika Serikat (AS), Jepang hingga China. Bahkan beberapa perusahaan asal China agresif menyatakan minatnya.

Saat ini kapasitas setrum dari pembangkit listrik panas bumi (PLTP) mencapai 1.438 mega watt (MW). Sampai akhir tahun nanti kapasitas itu bertambah sebesar 225 MW dari tambahan empat PLTP yang terdiri terdiri PLTP Ulubelu Unit 3 dan 4 di Lampung Barat, PLTP Lahendong Unit 5 dan 6 di Sulawesi Utara, PLTP Karaha Bodas di Jawa Barat, dan PLTP Sarulla di Sumatera Utara.

Direktur Panas Bumi, Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Yunus Saefulkhak mengatakan, jika dulu lelang wilayah kerja panas bumi (WKP) hanya diikuti perusahaan yang itu-itu saja. Kini investor yang meminatinya lebih beragam.

“Sekarang mulai diminati banyak pengembang tidak hanya perusahaan-perusahaan yang itu saja. Dulu hanya beberapa perusahaan saja yang mengembangkan,” kata Yunus, Kamis (15/9/2016).

Lelang WKP dulunya juga diikuti perusahaan-perusahaan yang tidak bonafid. Perusahaan itu memperoleh izin pengusahaan dan bertindak seperti calo dengan menjual surat pemenang WKP. “Dulu yang menang lelang juga cuma jualan kertas, kemudian cari pendanaan,” tutur dia. (ar)

Share :