Tokopedia Tutup Iklan Tiga Produk iPhone

ilustrasi
Share :
ilustrasi
ilustrasi

ragamlampung.com — Situas online jual beli, Tokopedia, kini menutup seluruh iklan produk iPhone 6S, 6S+, 7 dan 7+ dari layanan mereka.

Tiga smartphone produk Apple itu dinilai masuk ilegal dalam pasar smartphone Indonesia. Namun, perusahaan itu tidak mau menjawab detil dampak dari kebijakan tersebut.

Public Relation Executive Tokopedia Siti Fauziah membenarkan informasi penghentian iklan produk iPhone tersebut. Siti beralasan Tokopedia taat hukum atas keputusan pemerintah. “Intinya kami mengikuti prosuder dari kementrian,” ujar Siti, seperti dikutip Tirto.id, di Jakarta, Kamis (10/11/2016).

Namun, Siti enggan membahas kerugian yang dialami Tokopedia akibat penutupan iklan tiga smartphone terbaru Apple itu.

Pelarangan itu berawal dari kebijakan pemerintah yang menyatakan keempat smartphone mewah itu dalam kategori barang yang belum dijual resmi oleh Apple di Indonesia.

iPhone 6s, 6s Plus, 7, dan 7 Plus belum bisa dijual secara resmi di Indonesia. Perusahaan itu dikabarkan tidak bisa menjual empat smartphone premium mereka akibat masalah peraturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) bagi smartphone 4G LTE.

Pemerintah telah meminta seluruh smartphone 4G yang dipasarkan di Indonesia harus memenuhi standar TKDN. Tahun 2016, pemerintah menetapkan TKDN sebesar 20 persen. Aturan tersebut akan semakin ketat di tahun depan. Vendor yang ingin berjualan ponsel 4G di Indonesia mesti memenuhi syarat TKDN 30 persen per 1 Januari 2017. (ar)

Share :