Potensi Besar Perikanan di Kampung Mahabang

potensi tambak-ilustrasi
Share :

ragamlampung.com — Kampung Mahabang, di Kecamatan Dente Teladas, yang terletak di pesisir pantai Kabupaten Tulangbawang, memiliki potensi besar sektor perikanan dan kelautan.

Kampung itu memiliki luas wilayah 3.200 hektare, berpenduduk 3.176 jiwa, terdiri 817 Kepala Keluarga, dan aktivitas masyarakatnya sebagian besar di sektor perikanan, mata pencaharian kedua adalah pertanian dan perkebunan dengan pemanfaatan lahan seluas 500 hektare.

Daerah ini sejak dulu terkenal sebagai kawasan pertambakan, sebagai daerah penghasil udang melalui budidaya tambak air payau. Potensi tambak mencapai 2.400 hektare.

Pihak terkait di kampung itu kini berinisiatif membangkitkan potensi tambak air payau, menjadikan sentra pengembangan udang sekaligus bandeng.

Kepala Kampung Mahabang, Edi Marjoko menuturkan, daerahnya terbilang maju karena memiliki potensi tersebut.

Pemerintah pun sudah banyak memberikan bantuan, seperti Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Lampung, di tahun 2014 dengan bantuan jalan produksi sepanjang 2.600 meter untuk areal pertambakan.

“Bantuan ini sangat membantu petambak karena lebih mudah mengangkut hasil tambak keluar,” katanya, Kamis (22/12/2016).

Edy berharap dukungan pemerintah maupun investor terus bertambah karena masih banyak potensi belum digali.

Petambak setempat kini membutuhkan pembanguan fisik tambak, modal, dan pembinaan dari petugas lapangan, bahkan hingga pengawasan pengembangan budidaya pertambakan.

“Saya kira jika ini digarap serius, potensi petambak tradisional berkembang bagus dan bisa menjadi unggulan bagi kabupaten,” katanya. (ar)

Share :