Pasar Modern dan Unik Dibangun di Tulangbawang Barat

pasar pulung kencana tulangbawang barat.
Share :

ragamlampung.com — Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), tahun ini siap membangun Pasar Pulung Kencana, yang terletak di Kecamatan Tulang Bawang Tengah, dengan desain pasar modern.

Pembangunan pasar ini disebut-sebut menjadi pasar pertama terunik di Lampung. Sebagian bangunan pasar tersebut menganut desain Masjidil Haram, Mekah, menggunakan payung. Sehingga bisa terbuka dan tertutup menyesuaikan cuaca.

Pembangunan pasar milik tiyuh tersebut didukung aparat tiyuh, para pedagang, dan masyarakat setempat. Pasar dibangun tiga tahap.

Asisten II Bidang Pembangunan Pemkab Tubaba, Syakib Arsalan, mengatakan, Minggu (15/1/2017), pasar Pulung Kencana dibangun tiga tahap pembangunan selama tiga tahun anggaran.

Untuk mempersiapkan pembangunan tersebut, pemkab bersama aparat tiyuh setempat sedang membuat jadwal titik awal rencana relokasi pedagang, dan membuat dokumen analisis dampak lingkungan (AMDAL).

Alternatif awal untuk merelokasi pedagang di pasar tersebut yakni di lapangan sepak bola Pulung Kencana.

“Rencananya lapangan tersebut dijadikan tempat fasilitas umum, contohnya alun alun. Jadi, tidak lagi digunakan untuk olahraga,” katanya.

Karena pasar tersebut pasar tiyuh, pembangunannya dilaksanakan oleh pemerintah daerah, hal ini diatur bagaimana sistem bagi hasil, sehingga menguntungkan kedua belah pihak. Hasilnya dapat mejadi PAD pemkab dan tiyuh setempat. (ar)

Share :